KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLBN MARABAHAN
Kata Kunci:
Kesiapan Guru, Anak dengan Hambatan Intelektual, Pembelajaran Jarak JauhAbstrak
Sistem pembelajaran yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19 ini memiliki perbedaan dengan sistem pembelajaran yang sebelumnya telah digunakan. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini tentunya akan mengalami penyesuaian pada beberapa aspek pembelajarannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi anak dengan hambatan intelektual di SLBN Marabahan. Penelitian ini menggunakan pendeketakan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu para guru yang mengajar anak dengan hambatan intelektual di SLBN Marabahan. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan mealakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini menggunakan triangulasi sumber yang dimana informasi yang didapat bersumber dari enam guru yang mengajar anak dengan hambatan intelektual. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kemauan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh guru tidak menunjukan rasa antusias, kesenangan dan keyakinan terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dilihat bagaimana sistem pembelajaran yang diterapkan oleh guru yang menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat luring atau tatap muka. (2) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, guru memiliki kemampuan yang cukup baik dilihat bagaimana guru menyusun (RPP) dengan sedikit penyesuaian berdasarkan kondisi dan kemampuan peserta didik, menyiapkan bahan ajar dan evaluasi dengan penyesuain keadaan, serta dimana guru memiliki pengalaman dan keahlian tersendiri dalam mengatasi kendala yang terjadi. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh bagi anak dengan hambatan intelektual masih kurang siap.
Referensi
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Tim CV Jejak.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. Diakses dari https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Cahyaningtyas, H., Dale, A. A., Karimah, F. N., & Caesaria, I. (2020). Kebahagiaan pada guru sekolah luar biasa (SLB). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 93–102. Diakses dari https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i1.11133
Utami, F. N. (2017). Tingkat Kesiapan Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Iv B Sd Negeri 1 Trirenggo Bantul Yogyakarta. Skripsi. Ilmu Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Universitas Negeri Yogyakarta. Bantul.
Fitrah, M., & Luthfiyah, D. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (D. Ruslan & D. M. M. Effendi (eds.)). CV Jejak.
Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195. Diakses dari https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939
Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35–40.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.
Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasional, Universitas Negeri Jakarta 1–6.
Marwin. (2019). Kemampuan Guru Dalam Mengajar Dengan Menggunakan Supervisi Di SDN 007 Kampung Baru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(September), 661–669.
Musanna, A. (2016). Reformulasi Keyakinan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Reformulation of Teacher Beliefs in Curriculum Implementation. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 2, Agustus 2016, 1, 219–234.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. Diakses dari https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nurdin, I. R. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (Mooc) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO). Tugas Akhir, Ilmu Pendidikan. Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Semarang (UNNES). Semarang. 79. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/31063/1/1102412096.pdf
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. Diakses dari https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Syarwani, A. (2021). Profesi Guru Dan Peran Profesionalisme Guru. Seri Publikasi Pembelajaran Vol 1 No 2(2021): Profesi Keguruan, 1(2), 1–5.
Tiara, D. R. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 2, Desember 2020, Hal. 362-368, 04(2), 362–368.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Universitas Lambung Mangkurat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.