PERMASALAHAN ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Penulis

  • Hayatun Nofus
  • Amka
  • Eviani Damastuti

Kata Kunci:

Permasalahan Orang tua, Pembelajaran Jarak Jauh, Tunarungu

Abstrak

Anak tunarungu merupakan anak dengan gangguan kehilangan pendengaran secara total atau masih memiliki sedikit sisa pendengaran pada dirinya. Hal tersebut menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam belajar. Selama pandemi kegiatan belajar di sekolah ditiadakan dan diberlakukannya pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh bagi anak tunarungu membutuhkan pendampingan penuh dari oang tua. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan permasalahan orang tua terhadap: 1) permasalahan orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak tunarungu selama pembelajaran jarak jauh, 2) permasalahan orang tua dalam pengoperasian teknologi dan teknisi selama pembelajaran jarak jauh, 3) permasalahan orang tua dalam pembagian waktu selama pembelajaran jarak jauh. Pendekatan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian berjumlah lima orang tua (ibu) dengan profesi yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan orang tua dalam mendampingi anak tunarungu: 1) Permasalahan meningkatkan minat belajar anak tunarungu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak, serta perlunya kolaborasi guru dan orang tua, 2) Permasalahan pengoperasian teknologi dan teknisi memerlukan media pembelajaran utama yaitu teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar anak tunarungu, serta 3) Permasalahan pembagian waktu selama pembelajaran jarak jauh yang dibutuhkannya pendampingan secara penuh selama pembelajaran jarak jauh di rumah. Permasalahan tersebut meliputi kurang pemahamannya materi atau tugas yang diberikan guru kepada anak, permasalahan gadget dan kurangnya bantuan terhadap data internet, serta waktu luang yang dimiliki orang tua selama mendampingi belajar di rumah.

Referensi

Aghniya, S. L. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Tengah Pandemi. Distance Learning’s Strategies For Students With Speciaal Needs In The Midst Pandemic. Diakses dari https://osf.io/5pga6/download

Aisyah, N., & Amalia, D. R. (2020). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Perspektif HAM & Pendidikan Islam di MINU Purwosari Metro Utara. Attractive : Innovative Education Journal Pemenuhan, 2(2), 165–176.

Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. Diakses dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/

Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. Diakses dari https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933

Atmaja, Jati R. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Bahri, S., & Budiyono, F. (2020). Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, September, 62–66.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12–17. Diakses dari https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p012

Dewi, N. P., Fadilah, N., & Rahma, S. (2020). Problematika Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Inklusi Dan. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(1), 1–10. https://journal.unesa.ac.id/index.php/ji/article/view/10913/4740

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran daring dan kebijakan new normal pemerintah. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 1–7. Diakses dari https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/

Handarini, Ika, O., & Wulandari Siti Sri. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. Dakses dari https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu. JASSI_anakku Volume 7 Nomor 1 Juni 2007 Hlm 101-110, 7(1), 101110. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196302081987032-TATI_HERNAWATI/jurnal.pdf

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I., 6(2), 207–228. Diakses dari https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454

Jannah, R. (2020). Tantangan Pembelajaran Di Era New Normal.Diakses dari https://osf.io/wpej6/ Khalimah, S. N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Diakses dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9839/

Laelasari, I., & Dewi, N. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249. Diakses dari https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8447

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

R, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Kelompok B.5 TK KEMALA BHAYANGKARI BONE. 2, 58–67. Diakses dari http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/nsv42

Sari, S. F. M., Binahayati, & Tatazani, B. M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). Diakses dari https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14273

Terayanti, Y. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan. Jurnal Pendidikan Inklusi.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. Diakses dari https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. Diakses dari https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Yuliana. (2020). Corona Virus diseases (COVID-19);Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine., 2(February), 187–192. Diakses dari https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12

Zalmi, R. Y., & Hazizah, N. (2019). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Diakses dari https://doi.org/10.31227/osf.io/qwn4y

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-01