KOLABORASI VOLUNTEER DENGAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Kata Kunci:
kolaborasi, volunteer, orang tua, pembelajaran daringAbstrak
Permasalahan pada penelitian ini adalah dibutuhkan kolaborasi antara volunteer dengan orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring agar tercapainya keberhasilan untuk memberikan layanan yang tepat bagi mahasiswa berkebutuhan khusus (MBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kolaborasi sebelum pembelajaran daring, 2) kolaborasi saat pembelajaran daring, 3) kolaborasi sesudah pembelajaran daring, 4) kendala kolaborasi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data volunteer orang tua MBK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kolaborasi sebelum pembelajaran daring dilakukan dengan membuat kesepakatan untuk menentukan batasan dan bentuk keterlibatan dalam pendampingan sebelum pembelajaran daring dan saling terlibat dalam mengingatkan presensi serta jadwal kuliah, 2) kolaborasi saat pembelajaran daring dengan saling berbagi peran dan memilih gagasan yang terbaik dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh MBK saat sedang mengikuti perkuliahan, 3) kolaborasi sesudah pembelajaran daring dilakukan dengan mendiskusikan tugas dan permasalahan hasil belajar MBK, 4) kendala dalam melakukan kolaborasi yaitu perbedaan pemikiran dan kurangnya komunikasi yang disebabkan karena kesulitan menentukan waktu diskusi, sebagian besar kendala orang tua adalah perasaan tidak nyaman jika sering menghubungi volunteer. Kendala lainnya yaitu volunteer berasal dari angkatan serta kelas yang sama, sehingga terbatas informasi dan pengalaman volunteer.
Referensi
Afkarina, N. (2018). Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan. Jurnal Idaarah, 2(1), 50-63.
Amka, & Rapisa, D. R. (2020). Parents ’ Views in Preparing Children with Special Needs Towards Inclusive Education. Journal of Education and Practice, 11(2), 96–101.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Arsyad, A. W. (2015). Membangun Hubungan Internal yang Solid untuk Menciptakan Iklim Komunikasi Positif di dalam Organisasi. Jurnal Dedikasi, 33(2), 129–133. Diakses dari: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id
Azizah, A. N., Adriany, V., & Romadona, N. F. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Lembaga PAUD. Edukid, 16(2), 109–120. Diakses dari: https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19830
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Diakses dari: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Direktorat PAUD KEMBIKBUD. (2020). Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid (Selama Kebijakan Belajar dari Rumah). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Epstein, J. L., & Becker, H. J. (2018). Teachers’ reported practices of parent involvement: Problems and possibilities. School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools, 83(2), 115–128. Diakses dari: https://doi.org/10.4324/9780429493133
Fahrunnia, A. (2018). Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dan Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Penghafal Al-Qur’an Di Smp Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2), 91–102. Diakses dari: https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-07
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. Diakses dari: https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Khoiroh, N. (2021). Peran Orangtua dan Guru Pendamping Khusus dalam Membentuk Karakter Religius Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Islamic. Tesis. Univeritas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Krismadika, A. P. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di SD IT Al-Huda Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lewis, E. T. (2012). Qualitative Data Analysis: a Participatory View (Issue February). London: Beauchamp Lodge.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. Diakses dari: https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269
Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. Diakses dari: https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/621
Nurcahyani, N. (2016). Pelaksanaan Hubungan Masyarakat dalam Membangun Networking di SMK Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(2).
Okmawati, M. (2020). The Use of Google Classroom during Pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438. Diakses dari: https://doi.org/10.24036/jelt.v9i2.109293
Pola, B., Rorong, A., & Palangiten, N. (2020). The Participation of Parents in the Implementation of GMIM Kinilow School Education in Tomohon City. Jurnal Administrasi Publik, 6(91), 23–30.
Susanto, H. (2014). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(22), 64–71.
Thaibah, H., Dewi, A. V., Rayani, E., & Fitriani, I. (2020). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis. November. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/345212397
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. Diakses dari: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Universitas Lambung Mangkurat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.