PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATABOGA PADA SISWA SMPLB KELAS VIII TUNAGRAHITA RINGAN DI SLBN-1 MUARA TEWEH
Kata Kunci:
Tunagrahita ringan, Pembelajaran Keterampilan, tata bogaAbstrak
Anak tunagrahita ringan adalah salah satu golongan anak tunagrahita yang tarafnya masih ringan, serta masih memiliki kemampuan untuk dididik secara sederhana. Hal tersebut tidak menghambat anak dalam pembelajaran keterampilan. Pada jenjang menangah atas di SLBN-1 Muara Teweh pendidik lebih menekankan pada keterampilan anak. Melalui keterampilan-keterampilan tersebut bisa membuat anak menjadi jauh lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pembelajaran keterampilan tataboga dalam membuat kue kering pada anak tunagrahita ringan di SLBN-1 Muara Teweh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dari penelitian ini ialah guru keterampilan tataboga dan juga kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Triangulasi sumber dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi menjadi teknik keabsahan data pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) perencanaan pembelajaran keterampilan tataboga ini sudah dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan RPP kurikulum 2013 walaupun tidak ada penyusunan program semester, 2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan tataboga dilakukan dengan cukup baik karena proses pembelajaran yang dikelola oleh guru sudah sesuai dengan bahan ajar, 3) sarana prasarana dalam pembelajaran keterampilan tataboga sudah cukup memadai karena sekolah berusaha memberikan fasilitas secara maksimal sesuai dengan kebutuhan peserta didik, 4) evaluasi yang dilakukan guru sudah cukup bagus sesuai dengan rencana pembelajaran awal, 5) Tindak lanjut yang dilakukan sekolah juga sudah cukup bagus karna telah medapatkan feedback dari peserta didik serta orang tua.
Referensi
Dedes Saputra Jeli. (2019). Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). Pengaruh Kelengkapan Sarana Dan Prasana Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk), 18073142. Diakses dari https://doi.org/10.31227/osf.io/sa32
Himmah, L. N., & Pd, M. (2012) Di SLBN Yogyakarta (Deskriptif Kualitatif Pada Kegiatan Pembuatan Masker Kain ). Pembelajaran Keterampilan Anak Tunagrahita Ringan Di SLBN 1 Yogyakarta Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/download/39414/15310
Mainatul Failajati. (2013). Implementasi Program Keterampilan Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri Semarang Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/19040/1/5401408006.pdf
Pd, R. S. S., & Ageng, U. S. (2020). Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Pembuatan Emping Ceplis Banten untuk Meningkatkan Kemampuan Vokasional pada Anak dengan Hambatan Intelektual Kelas V SD di SKh Al-Kautsar Cilegon Banten ( Studi Kuantitatif Eksperimen One Group Pretest-Posttest di Kelas. 5 Diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/download/8157/5466
Rahayu, P. (2016). Metode Demonstrasi Mencuci Tangan Anak Tunagrahita Ringan. 2, 27–28Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak, 1(1), 11–27. Diakses dari http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/view/548/877
Seprinawati., & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. 7(1), 154–159. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103226
Suryani, N., & Mumpuniarti, M. (2018). Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura, 2(2), 101. Diakses dari https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5760
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Universitas Lambung Mangkurat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.