PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KASUS BULLYING PADA ANAK AUTIS

Penulis

  • Dimas Putra Setiawan Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mirnawati
  • Machmud Fauzi

Kata Kunci:

Persepsi, Bullying, Anak Autis

Abstrak

Anak autis sebagian dari masyarkat dengan segala kondisi yang kompleks, berbeda dengan anak pada umumnya sehingga anak autis sangat rentan mendapatkan suatu tindakan bullying dimana masyarakat lah yang harus mengambil peran apabila terjadi suatu tindakan bullying kepada anak autis, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kasus tindakan bullying yang terjadi kepada anak autis di Komplek Griya Ulin Permai Jl Asabri IV Landasan Ulin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sepuluh orang yang terdiri dari orang tua anak autis, tokoh masyarakat, dan tetangga sekitar Komplek Griya Ulin Permai Jl Asabri IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1) pengetahuan masyarakat tentang anak berkebutuhan khusus sebagian besar cukup baik, dimana sebagian besar dari mereka mengetahui konsep tentang anak berkebutuhan khusus. 2) pengetahuan masyarakat tentang anak autis sebagian besar cukup baik, dimana sebagian besar dari mereka mengetahui konsep dan karakteristik anak autis. 3) pengetahuan masyarakat tentang bullying cukup baik, dimana sebagian besar masyarakat mengetahui konsep tentang bullying dan contoh suatu tindakan bullying tersebut. 4) tanggapan dan tindakan masyarakat apabila anak autis mendapatkan suatu tindakan bullying cukup baik, dimana masyarakat tidak setuju apabila anak autis mendapatkan tindakan bullying dan memberikan suatu tindakan yang dimana akan melindungi anak autis tersebut.

Referensi

Alim, R. A. S. R. (2019). Kepedulian Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan SLB Negeri B Sumedang (Studi Deskriptif Terhadap Masyarakat di Lingkungan Dusun Margamukti Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang). Jassi Anakku, 20(2), 5–10.

Darmastuti, P. (2015). Dampak Perilaku Bullying Teman Sebaya Pada Anak Autisme Menurut Guru BK Di SMKN 4 Padang. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Ferdiansah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Halaman 70. Diakses dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masalah.

Gayatri, P. R. (2018). Dampak Tindakan Bullying dengan Kecemasan pada Remaja. Nusantara Medika, 3(1), 46–53. Diakses dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/12825

Izzati, I. D. C. (2017). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Peran Orang Tua Dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal IJTIMAIYA, 1.

Kusumasari Kartika Hima Darmyanti, F. K. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 01.

M. Yahya, A. (2019). Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi Dan Potensi Diri. 8(5), 620–628. Jurnal Sosial Humaniora (JSH)

Nadhirah, Y. F. (2017). Perilaku Agresi pada Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 141–154.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. Diakses dari https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Purwati, P., Japar, M., Wardani, S., & Rohmayanti, R. (2019). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Orang Tua Untuk Mencegah Bullying Guna Mewujudkan Desa Layak Anak. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 228–233. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.67

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. Di akses dari http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707

Rekha, G. O. (2015). Studi Tentang Bullying Pada Siswa Autis Di Sekolah Dasar Inkusi Gedangan Sidoarjo. Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–6.

Rohadi, T. T., Haryono, A. T., & Paramita, P. D. (2016). Pengaruh Kemampuan Adaptasi Dengan Lingkungan, Perilaku Masyarakat Dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Yang Berdampak Pada Kinerja Pemetik Teh (Studi kasus di Perkebunan Teh Medini Kabupaten Kendal). Journal Of Management, 2(2), 1–57.

Rustam, M. (2013). Tanggapan Siswa Kelas Atas Terhadap Proses Pembelajaran Senam Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kokosan Prambanan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyaningrum, Y., Rosiana Masithoh, A., & Zulia Alfijannah, I. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Autisme Di Yayasan Pondok Pesantren Abk Al-Achsaniyyah Kudus Tahun 2017. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1), 44. Diakses dari https://doi.org/10.26751/jikk.v9i1.399

Uswatun Hasanah, Ni’ matuzaroh, Y. N. (2015). Sikap Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Dan Kecenderungan Bullying Di Kelas Inklusi. Jurnal Psikologi, 37. Diakses dari https://doi.org/10.1038/132817a0

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–17. Diakses dari https://doi.org/10.1038/132817a0

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-01