POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI MARABAHAN

Penulis

  • Ernida Rayani SLB N Marabahan
  • Ali Rachman Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
  • Septi Aryanti Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Pola Asuh Orang Tua, Anak Dengan Hambatan Intelektual, Kemandirian

Abstrak

Kemandirian merupakan hal yang penting bagi setiap anak, tak terkecuali bagi anak dengan hambatan intelektual, kemandirian tentunya dipengaruhi oleh pola asuh dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pola asuh apa yang diberikan oleh masing-masing orang tua (ibu) terhadap kemandirian anak dengan hambatan intelektual. 2) Usaha apa yang dilakukan oleh masing-masing orang tua (ibu) dalam membentuk kemandirian pada anak dengan hambatan intelektual. 3).Faktor apa saja yang menghambat orang tua dalam membentuk kemandirian anak dengan hambatan intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah orang tua (ibu) yang memiliki anak dengan hambatan intelektual. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) pola asuh yang diberikan masing-masing orang tua yang memiliki anak dengan hambatan intelektual berbeda, dimana pola asuh yang digunakan orang tua dari RS mengarah kepada pola asuh permisif, pola asuh yang digunakan orang tua dari PTML mengarah kepada pola asuh demokratis, dan pola asuh yang digunakan orang tua MY mengarah ke pola asuh otoriter. 2) Usaha yang dilakukan oleh masing-masing orang tua dalam membentuk kemandirian anak hampir sama yaitu dengan menyuruh anak dan memberinya contoh. 3).Faktor yang menghambat masing-masing orang tua dalam membentuk kemandirian anak juga hampir sama, yakni dimana orang tua atau kesulitan dalam membentuk kemandirian anak pada hambatan intelektual.

Referensi

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Asmorowati, N. (2016). Bimbingan kemandirian pada anak tunagrahita SLB E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. Yogyakaarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Dewanti, A., Widjaja, J. A., Tjandrajani, A., & Burhany, A. A. (2016). Karakteristik Keterlambatan Bicara di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Tahun 2008 - 2009. Sari Pediatri. Dewi, V. K. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Ringan Di SDLB YPLB Banjarmasin. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 21-25. Handayani, T. M. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pendidikan Pengembangan Kemampuan Bina Diri Siswa Autis Usia Remaja Slb Citra Mulia Mandiri. In Ekp (Vol. 13, Issue 3)

Hasanah, M. N. (2018). Tingkat Fleksibilitas Siswa Tunagrahita Ringan, Tunagrahita Sedang, Dan Down Syndrome Kelas 3, 4 Dan 5 Di Slb Negeri 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Junaidi, Harimawan. (2019). Strategi Kebut Skripsi Dalam 21 Hari. Yogyakarta: Araska.

Mufidah, P. A. H. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di SD SLB Negeri Kroya Kabupaten Cilacap. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Musman, Asti. (2020). Seni Mendidik Anak Di Era 4.0 Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Mendidik Anak Diera Milenial: Mewujudkan Anak Cerdas, Mandiri, Dan Bermental Kuat. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Maemunah, S., Malik, H. A., & Nadar, W. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 84-90).

Nafiah, Ulin. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Sikap Kemandirian Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Miftahus Salam Kaliwates Jember. Skripsi. Jember: Universitas Negeri Jember.

Putri, U. K. (2019). Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunagrahita Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita Di Bungo Pasang Painan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), 96-104. Ratuliu, M. (2015). Parenthink. Jakarta: Noura Books.

Rochyadi, E. (2012). Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Pengantar Pendidikan Luar Biasa, 1–54.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam.

Sanjiwani, N. L. P. Y., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2014). Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di SMA Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana.

Sari, O. A., & Santy, W. H. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Anak Tunagrahita di SLB Tunas Mulya Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dsn R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryabrata. Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Yeni, Munita. (2020). Jangan Salah Didik Tip Parenting Pola Asuh Yang Tepat. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-01