PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI TANAH BUMBU

Penulis

  • Khairun Nisa SLB Negeri Tanah Bumbu
  • Ali Rachman Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat
  • Septi Aryanti Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Pembelajaran Jarak Jauh, Peran Orang Tua, Anak Tunagrahita

Abstrak

Terjadinya pandemi covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan peraturan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, termasuk pembelajaran bagi anak tunagrahita. Pentingnya peran orang tua saat pandemi sekarang ini yang mengharuskan anak tetap belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan 1) peran orang tua sebagai guru, 2) peran orang tua sebagai fasilitator, 3) peran orang tua sebagai motivator dan 4) peran orang tua sebagai pengaruh yang diterapkan kepada anak selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian 5 orang tua dari anak tunagrahita. Setting penelitian dilakukan dirumah subjek. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Peran orang tua sebagai guru orang tua belum menerapkan sepenuhnya karena masih ada orang tua yang belum mengetahui cara mengajarkan anak tunagrahita dan masih kurangnya wawasan orang tua mengenai anak tunagrhita. 2) Peran orang tua sebagai fasilitator bahwa orang tua masih belum menerapkan secara keseluruhan bahwa orang tua masih banyak yang belum menyediakan segala sarana dan prasarana selama pembelajaran jarak jauh. 3) Peran orang tua sebagai motivator bahwa orang tua telah menerapkan dalam memberikan semangat, motivasi ataupun nasihat sehingga anak dapat belajar dengan senang dalam bimbingan orang tua. 4) Peran orang tua sebagai pengaruh bahwa orang tua masih belum menerapkan karena masih ada anak yang merasa terganggu ataupun tidak semangat ketika orang tua mendampingi.

Referensi

Aphrodita, Nunung. (2012). Panduan Lengkap Orang tua & Guru Untuk Anak dengan Disleksia (kesulitan membaca). Jogjakarta: Javalitera. Apriyani, N., & Rochyadi, E. (2020). Program Parental Self-Efficacy Pada Orang Tua Dalam Pembelajaran Bagi Anak Tunagrahita Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, pp. 27-36).

Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk – beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera. Arsani, Hadi. (2016). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusi SDN Mojorejo I Kota Batu. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. Aziza, M. (2015). Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SDLBYPPLB Padang Sumatra Barat. TSAQAFAH, 11(2), 355-380.

Cavanaugh, C. (2006). Distance Learning. In N. J. Salkind (Ed.), Encyclopedia Of Human Development (Vol. 1, Pp. 382-383). Thousand Oaks, Ca: Sage Reference. Guswarti, S., & Suweleh, G. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus. Hatimah, I. (2016). Keterlibatan keluarga dalam kegiatan di sekolah dalam perspektif kemitraan. PEDAGOGIA, 14(2). Indriyani, D. (2020). Penanganan dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164-173. Indriyani, F. (2021). Peran Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 90-96.

Laudato, N. C. (2002). Distance Learning. In R. R. Flynn (Ed.), Computer Sciences (Vol. 3, Pp. 75-77). New York, Ny: Macmillan Reference Usa.

Mumpuniarti. (2017). Penanganan Anak Tunagrahita (Kajian dari Segi Pendidikan, Sosial, Psikologi dan Tindak Lanjut Usia Dewasa). Yogyakarta: UNY

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua dalam Program Sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205-218. Rahmawati, I. Y., & Yulianti, D. B. (2020). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah COVID-19. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 5(1), 27-39. Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), 11-27. Tanduklangi, A., & Amri, C. (2019). Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. Deepublish. Valeza, A. R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Wina, E. (2012). Media Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus (pp. 311-350). Springer, Dordrecht. Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang tua dalam pembelajaran jarak jauh. Diakses dari poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran.-orangtuadalampembelajaran-jarak-jauh/ Wulandari, R. A., Soeharto, S., & Setyoadi, S. (2016). Pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap harga diri rendah dan beban keluarga dengan anak retardasi mental. Jurnal Ilmu Keperawatan: Journal of Nursing Science, 4(2), 184-204.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-01