PANDANGAN ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SLB NEGERI 1 SELAT KUALA KAPUAS
Kata Kunci:
Pandangan Orang Tua, Tunagrahita, PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi penerapan pembelajaran jarak jauh yang menjadi pengalaman baru bagi orang tua, pandangan lama orang tua yang menganggap pembelajaran formal mesti dilangsungkan di sekolah kini menghadapi kenyataan dimana pembelajaran sepenuhnya dilangsungkan di rumah. Orang tua merasa kesulitan mendidik anak di rumah. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan pandangan orang tua yang memiliki anak tunagrahita terhadap pembelajaran jarak jauh di SLB Negeri 1 Selat Kuala Kapuas dengan cara deskripsi secara teks yang sesuai dengan kenyataan di lapangan terkait pendapat, sikap, kendala dan upaya orang tua. Sumber data dalam penelitian ini yaitu empat orang tua dari anak tunagrahita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahaan data dalam penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1) orang tua berpendapat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem pembelajaran luring cocok untuk diterapkan namun merasa pembelajaran tatap muka lebih baik dibandingkan PJJ. 2) orang tua bersikap merespon (responding) terhadap pembelajaran jarak jauh bersistem luring dengan tujuan utama menjadikan anak sebagai pribadi yang mandiri 3) kendala yang dialami orang tua yaitu kurang media pembelajaran, kesulitan untuk menjelaskan materi pelajaran kepada anak dan kesulitan untuk menyuruh anak agar mau belajar. 4) upaya orang tua untuk mengatasi kendala adalah dengan mengoptimalkan media yang ada, menjelaskan pelajaran secara perlahan dengan berulang-ulang menggunakan bahasa yang sederhana dan pemberian contoh, serta membujuk anak agar mau belajar dengan memberikan reward.
Referensi
Ambarita, J., Jarwati, & Restanti, D. K. (2020). Pembelajaran Luring. Ambon: Adab (CV. Adanu Abimata).
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Tim CV Jejak.
Anggraeni, L. D., & Gaol, E. L. (2018). Pengalaman Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Dengan Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(2).
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.
Emiyati, A. (2020). Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah Dalam Menghadapi Situasi Covid 19. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 8–16.
Fitrah, M., & Luthfiyah, D. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Kota Bima: CV Jejak.
Handayani, O. D. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1754–1763. Diakses dari https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.975
Harahap, S. A., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. Diakses dari https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Sundermann : Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98.
Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modelling, 53(9), 287.
Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bahastra, 5(1), 132–141.
Luthfi, E., & Ahsani, F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37–46.
Nuralan, S., & Daipatama, S. T. (2020). Analisis Proses Mengajar Guru Kelas Dalam Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 47–57.
Pratama, R. E., & Mulyanti, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. Diakses dari https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sarwa, S.S., M. . (2020). Pembelajaran Jarak Jauh : Konsep, Masalah dan Solusi (1st ed.). Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Siti, N., & Siregar, S. (2013). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. JPPUMA : Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 1(1), 11–27.
Tirajoh, C. V., Munayang, H., & Kuirupan, B. H. R. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biomedik, 13(1), 49–57.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan, 9(2), 116–126.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2021). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. Diakses dari https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Universitas Lambung Mangkurat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.