EFEKTIVITAS MEDIA POP UP DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI VISUAL ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB NEGERI 2 MARTAPURA

Penulis

  • Mery Claudya SLBN 2 Martapura
  • Eviani Damastuti Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Machmud Fauzi SLB Pembina banjarbaru

Kata Kunci:

media, pop up, persepsi, visual, tunagrahita

Abstrak

Masalah yang ditemukan pada penelitian ini yakni ditemukan dua anak tunagrahita sedang yang mengalami kesulitan dalam persepsi visual, terumata dalam mendiskriminasi bentuk bangun datar seperti bentuk bangun datar persegi panjang, bentuk bangun datar persegi, bentuk bangun datar segitiga, dan ebntuk bangun datar lingkaran.Pendekatan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan daslam penelitian ini dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain pada penelitian ini yang menggunakan desain penelitian time series design yaitu dimana pada desain ini diberi tindakan awal (pretest) yaitu dilakukan sebanyak empat kali, setelah diberikannya tindakan awal selanjutnya pemberian treatment dengan menggunakan media pop up sebanyak empat kali, dan setelah itu dilakukan tindakan akhir (posttest) sebanyak empat kali setelah pemberian treatment. Subjek penelitian ini adalah dua orang anak tunagrahita sedang satu orang laki-laki dan satu orang perempuan di SLB Negeri 2 Martapura. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil kemampuan akhir anak (posttest) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil sebelum diberikan treatment (pretest). Perolehan nilai rata-rata pada pretest yaitu O1= 37,49 , O2= 37,49, O3= 37,49, O4= 41,66 dan perolehan nilai rata-rata posttest yang mengalami peningkatan yaitu O5= 58,33 , O6= 62,49, O7= 70,83, O8= 79,16. Berdasarkan hasil penelitian selisih antara hasil pretest dengan hasil posttest yaitu 112,51 maka dapat disimpulkan bahwa media pop up efektif dalam meningkatkan persepsi visual anak tunagrahita sedang.

Referensi

Amka. 2018. Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Kemis & Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Jakarta : Luxima.

Rahayu, Endah Tri. 2019. Keefektifan Permainana Konstruktif Terhadap Kemampuan Persepsi Visual Siswa

Tunagrahita Sedang Kelas VI A SDLB Di SLB Negeri 2 Yogyakarta. 8(3):250

Safri, Meilia dkk. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-up Book Pada Materi Minyak Bumi. 5(1):107-108

Sari. Anggi Purnama. 2016. Meningkatkan Kemampuan Mengetahui Bentuk Bangun Datar Menggunakan Media

Papan Flanel Untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Di SLB Karya Padang.4(1):10

Sefni, Fadila. 2014. Efektivitas Metode Proyek Pada Pembelajaran Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita Sedang

Kelas X Smalb Di YPAC Sumbar.

Sudana, Antonius Aris. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia

Yuwono, Imam & Utomo. 2015. Pendidikan Inklusif Paradigma Pendidikan Ramah Anak. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-29