PROBLEMATIKA GURU SDN KURIPAN 2 BANJARMASINi DALAM KESIAPAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF

Penulis

  • Muhammad Yuda Anshari SDN Kuripan 2 Banjarmasin
  • Dewi Ratih Rapisa Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Hasanudin Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Problematika, Kesiapan, Pendidikan, Inklusif

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang adanya permasalahan dalam kesiapan sekolah untuk menyelenggaraan pendidikan inklusif. Hal ini ditunjukkan oleh kepala sekolah dan guru yang masih belum memahami pendidikani inklusif, serta layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian adalah mengetahui problematika, dukungan dan upaya guru SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin dalam kesiapan menyelenggarakan pendidikan inklusif. Pendekatani yang digunakan peneliti adalah pendekatan ikualitatif ideskriptif, dengan subjek penelitian adalah guru SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin. Teknik dalam pengumpulan data melalui angket, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik untuk menganalisisi data yaitu mendeskripsikan secara keseluruhan yang diperolehi selama penelitian, melalui tahapan reduksi data, penyajian data. dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika SDN SN Kuripan 2 Banjarmasin dalam kesiapan penyelenggaraan pendidikan inklusif: 1) sikap iguru pada tingkatan yang baik dalam memahami pendidikan inklusif; 2) dukungan yang dilakukan guru berupa meningkatkan kemampuan diri; 3) kendala yang dihadapi, antara lain: pemenuhan aksesibilitas, kurangnya kemampuan berkomunikasi dengan isyarat, kesulitan membagi perhatian dengan ABK saat di kelas, serta kesulitan memahami karakter ABK dikarenakan guru tidak berlatarbelakang pendidikan khusus; 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala, dengan terus berupaya membekali diri dan belajar melalui kegiatan workshop/seminar tentang pendidikan inklusif.

Referensi

Asriningtyas. (2015). Sikap Guru Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SD Inklusif Se-Kabupaten Purbalingga. Skripsi.

Hartadi, dkk. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Vol 5:2.

Kustawan. (2013). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Luxima Metro Media.

Puspitasari, Reni. (2019). Kesiapan Guru Teacher Readiness dalam Menangani Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas Reguler Pada Sekolah Berbasih Inklusif. Skripsi.

Ratnawulan. (2017). Kesiapan Sekolah Inklusif Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Vol 3:1.

Saputra. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. 1-12.

Tarnoto, N. (n.d.). Permasalahan-permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. Humanitas, 51-55.

Utami, F. N. (2017). Tingkat Kesiapan Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas IV B SD Negeri 1 Trirenggo Bantul Yogyakarta. Skiripsi, 12-28.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-29