EFEKTIFITAS PERMAINAN SNAKE AND LADDER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASAEKSPRESIFANAK AUTIS KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGAI ANDAI 3 BANJARMASIN

Penulis

  • Devy Anggraeni SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin
  • Eviani Damastuti Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Machmud Fauzi Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Anak Autis, Kemampuan Bahasa Ekspresif, Media Permainan Snake And Ladder

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media permainan snake and leader sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media permainan snake and leader dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eskperimen dengan penelitian subjek tunggal atau SSR (Single Subject Reseacrh). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A dengan anak autis kelas III SD Negeri Sungai Andai 3 Banjarmasin sebagai subjek penelitian. Sistem pencatatan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan baseline 1 (A1) anak mendapatkan skor 50%, pada tahap intervensi (B) kemampuan anak berhasil meningkatkan dan mendapatkan skor 50%-60% dan pada tahap baseline 2 (A2) kemampuan anak meningkat dan mendapatkan skor 83%-95%. Maka dapat bahwa penggunaan media permainan snake and leader efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif yang terhitung dalam ekspresif yang ditonjolkannya pada anak autis.

Referensi

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Indrastuti, Oktariana. 2013. Mengenal Autisme Dan Penanganannya.Yogyakarta: Familia.

Isnaini, W. 2014. Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 231–237.

Karyana, Asep dan Sri Widati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis.Jakarta Utara. Luxima Metro Media.

Samsudin dan Lutan, Rusi. 2015. Proses Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak SBM Global Insani Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2):95-120.

Yanti, Weni Nofrida dan Efrina Elsa. 2018. Snack and Ledder Game: Solusi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Autis. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(1): 94-110.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-29