POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNANETRA KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT

Penulis

  • Yulia Putri Hani Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Amka Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Jiyanta Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Kata Kunci:

Pola asuh, kepercayaan diri

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti ketika observasi di lapangan sering menemui anak tunanetra yang kurang memiliki kepercayaan diri, sedangkan anak tunanetra yang menjadi subjek dalam penelitian ini memiliki kepercayaan diri sangat baik. Maka peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai pola asuh yang diberikan oleh orangtua anak tunanetra tersebut sehingga memiliki kepercayaan diri sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola asuh yang diberikan oleh orangtua berkaitan dengan kepercayaan diri anak tunanetra dan faktor yang mempengaruhi pola asuh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ada 3 orang yaitu ayah, ibu, dan kakak. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orangtua terkait kepercayaan diri anak tunanetra merupakan gabungan dari pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. Dibuktikan dengan sikap orangtua yang memberikan kebebasan kepada anak dalam bertingkah laku maupun dalam mengapresiasi dirinya namun tetap diberikan arahan, terbuka terhadap pendapat anak dan akan memberikan pandangan ataupun saran jika pendapat tersebut kurang tepat, toleransi terhadap sikap anak dan mengurangi atau bahkan tidak sama sekali memberikan hukuman dan sanksi kepada anak. Dan faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua ialah kepribadian orangtua dan keyakinan orangtua.

Referensi

Adawiyah, R. 2017. Pola Asuh Orangtua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan ULM.

Anisah, S.A. 2011. Pola Asuh Orangtua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Ardiyani, Molida. 2019. Studi Deskriptif Tentang Pola Asuh Orangtua dalam Bina Diri Anak Autis. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat.

Atmaja, Rinkari Jati. 2018. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghufron, M.N., dan Risnawati, R. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almansur. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Hidayat, Asep AS dan Ate Suwandi. 2013. Pendidiikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta: Luxima

Munawar, Muhdar dan Ate Suwandi. 2013. Mengenal dan Memahami Orientasi Mobilitas. Bandung: PT. Luxima Metro Media

Sari, R.O. 2015. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4 – 6 tahun di Tk. Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jurnal STIKES Telogorejo Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-29